Sejarah dan Modifikasi Vespa Excel (galeri-modifikasi) | Vespa Excel 150 ada di Indonesia pada th. 1992 yang di produksi oleh ATPM spesial product Piaggio saat itu PT. Serta Motor Indonesia. Motor roda dua yang masuk kekeluarga besar skuter ini terhitung paling fenomenal di antara saudara-saudara sesama product Vespa, bagaimana tak, dengan dibekali feature elektrik stater untuk mempermudah dalam meyalakan mesin motor, jok yang telah menyatu untuk kenyamanan ingindara, mini airscoope untuk menaikkan aerodinamis pada saat digeber, serta mini windshield yang berikan kesan retro namun moderen, bikin seluruhnya penikmat sisemok nan montok ini semakin pe-de duduk mengendarai Vespa Excel 150.

Dengan memakai tehnologi mesin 2 tidak 150cc pendingin hawa, bore x stroke 57. 0 x 58. 0mm, pengapian cdi, bertransmisi 4 percepatan, memakai rem tromol depan belakang, aki basah, kopling manual jenis basah, ke-2 roda memiliki lingkar 10”/350 depan-belakang, kemampuan tangki bahan bakar 5lt, kemampuan tangki oli samping 1. 2lt, berat keseluruhan motor 116 kg, rangka body monoque, hingga dapat bikin skuter ini digeber hingga batas kecepatan 110kph keadaan standard pabrik. Tak hanya berikan kenyaman ekstra untuk sipengandara, nyatanya Excel 150 ini dapat sudah alami perbaikan tehnologi pada mesinnya di banding saudara tuanya yaitu P150X Exclusive, yang nanti bikin skuter ini dapat memperoleh power siknifikan diputaran mesin bawah.
Lha selalu apapun pergantian tehnologi itu?, yang pertama pada blok silinder ada 3 lubang transfer, ukuran venturi karburator semakin besar dari pendahulunya, ukuran lubang isap pada crack case juga telah dimodif agak besar, memiliki diameter piston semakin besar dari sang kakak (58mm), laher bandul memakai diameter yang semakin besar, jenis rumah kopling serta koplingnya sendiri juga semakin besar, penggunaan oli samping serta bahan bakar telah terpisah jadi 2 sisi dalam 1 tangki.
Serta pagi beberapa penggemarnya, Vespa Excel 150 ini yaitu skuter termewah pada masanya, dengan dimensi agak sedikit besar dari P150X atau Exclusive, bikin yang menaiki motor ini terasa nyaman serta stabil dalam meniti perjalanan jauh. Meskipun memiliki  jenis yang begitu-begitu saja, Vespa seakan tidak ingin ketinggalan dalam pengaplikasian perangkat keselamatan serta emergency dijalan, semisal pada skuter ini telah dilengkapi lampu sein untuk berikan sinyal untuk pemakai jalan yang ada didepan atau belakangnya waktu motor bakal membelok, ditambah karenanya ada ban cadangan, jadi bila ban bocor ditengah jalan, sipengendara tak perlu pusing-pusing mencari tukang tambal ban, segera saja menepi untuk ganti ban bocor dengan ban cadangan. Hmmm…fitur yg tidak dipunyai oleh motor-motor Jepang.
Last…karena motor ini yaitu motor 2 langkah yang kerap dikira biang polusi, tingginya harga beli saat itu, dan kurang memadainya sarana 3S (Sales, Service, Spare part) dari dealer resmi, mengharuskan Vespa Excel 150 ini mesti tutup umur pada th. 2007. Serta menurut saya, tak lama lagi skuter semok ini dapat bakal jadi seperti kakak-kakaknya yang lebih awal mengaspal dijalanan negeri ini, yakni jadikan kendaran beberapa pehobi saja serta masuk kekelas kolektor item.

berikut kumpulan gambar dan modifikasi Vespa Excel :











Posting Komentar

 
Top